Mengenal Jenis Kertas

Mengetahui Jenis kertas sangat penting sebelum mengaplikasikan desain. oleh karena itu sebelum mengaplikasikan sebuah desain atau bahkan sebelum mendesain alangkah baiknya mengetahui jenis kertas yang akan digunakan.

Berikut ini adalah jenis kertas yang jamak digunakan didunia percetakan yang biasanya bedakan dari jenis finishing kertas, yaitu sebagai berikut :

1. Jenis kertas Coated

Kertas art paper atau glossy paperBiasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • - terdiri dari kertas dasar dan lapisan kapur dengan bahan perekat
  • - permukaannya halus dan mengkilap (gloss) / matte (doff)
  • - daya serap terhadap minyak lemah

Adapun contoh kertas jenis ini adalah Artpaper, Artcarton, kunstdruck (biasanya disebut dengan kingstrik). Dalam bahasa inggris kertas ini disebut dengan Glossy Paper (untuk kertas mengkilap) dan Matte Paper (untuk kertas yang doff)

2. Jenis kertas Uncoated 

Kertas HVS atau Wood Free PaperBiasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • -  tidak diberi lapisan kapur
  • - permukaan kertas kasar tapi bisa juga dihaluskan
  • - daya serap terhadap minyak kuat

Adapun jenis kertas ini biasanya digunakan sebaga kertas kertas koran, buku tulis, kertas untuk keperluan administrasi, biasanya dikenal dengsn sebagai HHI, HVO, HVS.

Semoga Bermanfaat.

 

 

 

This entry was posted in Blog, Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Mengenal Jenis Kertas

  1. Owen K. Carr says:

    Tentunya Anda semua telah mengetahui bahwa banyak sekali jenis kertas yang pernah kita lihat, kita pegang, bahkan kita sobek-sobek (mungkin lagi dongkol hehehehehe). Tapi, tahukah anda ada berapa macam jenis kertas yang ada? Jawabnya Banyak sekali. Nah, disini akan saya terangkan beberapa saja (karena yang lain saya belum lihat) jenis kertas yang sering kita jumpai.

  2. Mengetahui Jenis kertas sangat penting sebelum mengaplikasikan desain. oleh karena itu sebelum mengaplikasikan sebuah desain atau bahkan sebelum mendesain alangkah baiknya mengetahui jenis kertas yang akan digunakan.

  3. Kertas memiliki banyak bentuk, ukuran dan jenisnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan kertas tertentu untuk proses percetakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan kertas tersebut.

  4. Di dunia setiap Negara memiliki ukuran standar kertas yang digunakan di dalam percetakan. Sebagai mana kita ketahui baha sebuah kertas pengaruhnya sangat besar terhadap proses pencetakan. Karena banyaknya jenis ukuran kertas, yang paling utama adalah kertas fancy. Yang pasti jenis kertas ini sebelum dipergunakan harus dipastikan dulu penggunaannya sefesien mungkin agar tidak banyak kertas yangterbuang. Sebuah contoh: jika kita akan membuat sebuah desain (apapundesainnya), sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ukuran kertas yang akan digunakan untuk desain tersebut. Anda harus tahu ukuran plano itu berapa? Kemudian bagaimana caranya supaya ukuran yang kita gunakan tidak banyak terbuang.Contohnya 1 ukuran plano adalah 65 cm 100 cm. nah jika andatahu ukuran nya maka ukuran yang anda gunakan untuk desain anda berpatokankepada ukuran kertas plano supaya nantinya lebih ekonomis. Walaupun demikian ini bukan satu tolak ukur tetapi akan lebihekonomis dan bisa lebih menghemat bahan ketas. Ini semua tergantung kepadatrend yang ada dan tergantung pula kepada selera desainer atau kebutuhan perusahaan.Macam-macam ukuran kertas:A0 841 mm x 1198 mmA1 594 mm x 841 mmA2 420 mm x 594 mmA3 297 mm x 420 mmA4 210 mm x 297 mmA5 148 mm x 210 mmDi atas adalah standar ukuran kertas yang ada saat ini dan sering dipergunakan di dunia percetakan. Dengan mengetahui ukuran kertas yang akan dipergunakan maka kita akan tahu menggunakan ukuran kertas yang tepat untuk desain anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>